Bank DKI salurkan bansos di Kepulauan Seribu
Jakarta, properti Indonesia – Bank Diki menjalankan perannya sebagai koordinator program jaminan sosial Provinsi (Pemprov) Diki Jakarta dengan menyalurkan Kartu Anak Jakarta (KAJ), Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) dan Kartu Lansia Jakarta. (KLJ), dilaksanakan di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu pada Jumat (02/08).
Pada acara ini pihak bank telah memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai cara penggunaan Kartu DKI dan diharapkan dapat membantu meningkatkan jumlah bantuan yang diberikan kepada pengguna.
Direktur Utama Bank DKI Agus H. Widodo mengatakan dalam keterangan resmi, “Bank DKI terus mendukung program kesejahteraan sosial yang digagas Pemkab Diki Jakarta. “Penyaluran KAJ, KPDJ dan KLJ ini merupakan wujud nyata komitmen bank dalam menjamin pemerataan akses terhadap program-program tersebut bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk masyarakat di wilayah kepulauan,” kata Agus. Total penerima yang disebar di Kepulauan Seribu sebanyak 221 penerima, KAJ 56 penerima, KLJ 148 penerima, dan KPDJ 17 penerima.
Sebelumnya, Bank DKI menyalurkan kartu bansos kepada konsumen di berbagai wilayah Jakarta pada 23-31 Juli 2024 secara bertahap, antara lain wilayah Jakarta Pusat kepada 1.346 penerima KAJ, 5 penerima KPDJ, dan 5 penerima KLJ, serta wilayah Jakarta Barat kepada 830 orang. Penerima KAJ, 5 penerima KLJ, dan 5 penerima KPDJ disalurkan. Pada tahun tersebut Untuk pemenuhan kebutuhan pokok hingga Juni 2024, bantuan sosial (PKD) disalurkan dalam 2 (dua) tingkat yaitu tingkat I kepada 52.135 penerima KLJ, 6.475 penerima KPDJ dan 4.800 KPI, 9L0J disalurkan kepada 3.11.099 penerima KPDJ, 8.807 penerima KAJ.
Agus menegaskan, Bank DKI akan terus berupaya memberikan bantuan keuangan menyeluruh kepada masyarakat, termasuk yang berada di wilayah Kepulauan Seribu. “Bank DKI menghadirkan konsep tersebut Pulau digital Mendukung UKM untuk melakukan digitalisasi. “Dengan pemilihan dan dukungan produk yang ditawarkan oleh lembaga perbankan digital seperti JackOne Mobile, kami berharap dapat memberikan kemudahan kepada seluruh nasabah dalam mengakses layanan perbankan kami,” jelasnya.
Bagi penerima yang menerima uang pada tahun lalu namun belum menerimanya pada tahun ini, dapat mengecek Informasi Jaminan Sosial Terpadu (DTKS) di website https://dtks.jakarta.go.id/ atau menyampaikan pengaduan ke Daerah DKI Jakarta Bakti sosial.
Tawarkan sebagai solusi digital
Seiring komitmen Bank DKI dalam memberikan layanan keuangan kepada masyarakat yang berada di Kepulauan Seribu, Bank DKI memiliki Kantor Cabang Pembantu Pulau Pramuka yang siap melayani kebutuhan transaksi serta menyediakan produk dan layanan kepada masyarakat di Kepulauan Seribu. Daerah kepulauan. Selain itu, layanan ATM Bank DKI tersebar di 12 lokasi di berbagai pulau di Kepulauan Seribu, beberapa di antaranya berada di Pulau Pramuka, Pulau Pangang, Pulau Tidung, Pulau Sabira, dan Pulau Harapan.
Tak hanya itu, Bank DKI juga telah meresmikan Kampung UMKM di Pulau Pramuka, salah satu program tanggung jawab sosial Bank DKI dengan melakukan penataan dan lokalisasi pedagang UMKM, termasuk dukungan digitalisasi kepada UMKM selaku merchant Bank DKI dan akses pembayaran digital. QRIS memungkinkan penerimaan berbagai pembayaran elektronik dari pelanggan dan meningkatkan efisiensi transaksi sehari-hari bagi pedagang UMKM.
Sekretaris Perusahaan Bank DKI Ari Rinaldi menambahkan, melalui berbagai inisiatif seperti penyaluran kartu bantuan, edukasi penggunaan kartu, dan digitalisasi UMKM, Bank DKI berupaya memastikan setiap lapisan masyarakat, termasuk masyarakat Kepulauan Seribu. Ia menyimpulkan bisa merasakan manfaat dan kemudahan berbagai layanan perbankan.