Bandingkan daftar

Pasar properti dengan tingkat transparansi yang tinggi cenderung tumbuh lebih cepat dibandingkan pasar lainnya.


Jakarta, properti Indonesia – Transparansi dalam bidang real estate menjadi semakin penting di tengah ketidakpastian, dan negara-negara dalam kategori “paling transparan” bergerak maju berdasarkan investasi dalam teknologi dan AI, ketersediaan informasi, dan komitmen terhadap keberlanjutan yang transparan.

Hal ini didasarkan pada Indeks Transparansi Real Estate Global (GRETI) JLL & LaSalle (NYSE: JLL), yang diterbitkan setiap dua tahun. Pengukuran Transparansi pasar untuk menginformasikan bagaimana aset diinvestasikan, dibangun, dan dimiliki di berbagai wilayah di seluruh dunia.

Meskipun transparansi telah meningkat di sebagian besar negara dan wilayah sejak laporan JLL 2022, indeks tersebut menunjukkan bahwa Eropa adalah wilayah yang paling transparan dan pasar properti komersial yang paling transparan telah menunjukkan peningkatan yang paling kuat.

Di antara negara-negara yang menduduki peringkat teratas secara global adalah Amerika Serikat (AS), Kanada, Prancis, dan Australia, sedangkan Singapura untuk pertama kalinya masuk dalam kelompok 'Sangat Transparan' karena fokusnya pada keberlanjutan dan layanan digital.

Sekelompok negara teratas telah menarik lebih dari $1,2 triliun investasi real estat komersial langsung selama dua tahun terakhir, mewakili lebih dari 80% total global, menjadikan mereka pemimpin dalam pemulihan siklus likuiditas pada saat pasar modal sedang lesu. semakin aktif. .

Senada dengan Singapura, negara-negara di Asia mencatat rata-rata peningkatan transparansi sejak tahun 2022. Secara global, India menjadi negara dengan peningkatan cakupan data dan kualitas transparansi tertinggi di seluruh sektor aset, mulai dari industri hingga pusat data. Jepang, Australia, Tiongkok, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi akan mengalami pertumbuhan pada tahun 2024.

Sebaliknya, negara-negara Afrika sub-Sahara hanya menunjukkan sedikit kemajuan dalam hal transparansi, meskipun beberapa tanda perbaikan terlihat di Kenya, Nigeria, dan Ghana.

Indonesia yang masuk kategori semi-transparansi tahun ini menduduki peringkat ke-40 dengan skor transparansi 2,81. Dibandingkan negara lain di Asia Tenggara, Indonesia masih unggul dari Filipina dan Vietnam, namun di bawah Thailand dan Malaysia dalam kategori Transparan.

Dalam kondisi perekonomian yang tidak menentu, sektor properti Indonesia masih dapat tumbuh pada tahun 2023 dan akan terus tumbuh pada tahun 2024 berdasarkan prospek perekonomian Indonesia. Pada tahun tersebut Pada paruh pertama tahun 2024, nilai investasi di sektor properti mencapai $29,4 triliun, naik 6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hal ini menunjukkan kepercayaan investor Indonesia terhadap sektor properti masih tinggi.

“Dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang relatif stabil dan kepercayaan investor yang tinggi, sektor properti di Indonesia mencerminkan harapan akan tingkat transparansi yang lebih baik di masa depan,” kata Farazia Basarah, Country Head JLL Indonesia. “Memperluas cakupan infrastruktur, penerapan teknologi canggih, dan kesenjangan demografi yang berkelanjutan akan menutup kesenjangan transparansi di negara ini.”

“Seiring dengan tantangan eksternal seperti ketegangan geopolitik dan siklus pemilu yang menjadi fokus dalam waktu dekat, fokus terhadap transparansi bagi investor semakin besar di pasar properti global,” kata Richard Blokham, CEO, Capital Markets, JLL.

Ke depan, katanya, faktor pendorong tambahan seperti kecerdasan buatan dan pelaporan keberlanjutan yang transparan serta standar akuntabilitas akan terus mendorong investor untuk mengupayakan transparansi yang lebih besar.

“Pasar paling transparan dalam indeks tahun ini mewakili lebih dari separuh pendapatan aset global. Negara-negara dengan penetapan harga dan fundamental yang jelas akan mengarah pada pemulihan aset, khususnya di sektor dan subsektor,” kata Brian Klincik, kepala penelitian dan strategi global di LaSalle Investment Management.

“Seiring dengan semakin berkembangnya ruang lingkup dan kompleksitas dunia investasi, keberagaman menjadi hal yang penting,” ujarnya.

AI dan keberlanjutan mengarah pada peluang dan tantangan baru

Dengan dampak dari alat seperti platform AI, JLL GPT, perkembangan AI terjadi dengan pesat, membawa perubahan signifikan pada industri properti. Dengan lebih dari 500 perusahaan yang kini diperkirakan menawarkan layanan AI berbasis aset dan pertumbuhan investasi secara eksponensial, temuan awal menunjukkan bahwa AI meningkatkan transparansi melalui kemampuannya untuk menilai dan mensintesis sejumlah besar data dan analisis, membangun kemampuan manajemen dan dukungan. Desain dan arsitektur perkotaan.

Namun, para ahli dan pembuat kebijakan telah mempertimbangkan risiko penggunaan AI dan memperkenalkan kebijakan, seperti perintah eksekutif AS mengenai AI dan undang-undang AI Uni Eropa yang baru-baru ini disetujui untuk memastikan bahwa teknologi tersebut diterapkan secara bertanggung jawab guna menjaga transparansi.

Secara paralel, peran keberlanjutan akan mengalami peningkatan indeks terbesar pada tahun 2024. Ketika negara-negara berlomba untuk mengurangi separuh emisi karbon pada tahun 2030 berdasarkan Perjanjian Paris dan memperkenalkan jalur wajib dekarbonisasi, standar kinerja bangunan baru, persyaratan pelaporan keberlanjutan, dan komitmen perusahaan akan ikut meningkat. mengatur.

Perancis, Jepang dan Amerika – 40 kota di Amerika berkomitmen untuk meloloskan standar kinerja bangunan yang mewajibkan penggunaan energi atau pengurangan emisi pada tahun 2026 – muncul sebagai pemimpin keberlanjutan dalam menegakkan standar kinerja energi, pelaporan penggunaan energi dan konservasi untuk bangunan lama dan baru. dan restorasi keanekaragaman hayati.

Pasar-pasar ini menyediakan lingkungan yang paling transparan dan dapat diprediksi dengan jalur jangka panjang yang jelas menuju aset berkelanjutan, memungkinkan pembeli mengambil keputusan dengan percaya diri, pemerintah dapat memenuhi target karbon, dan investor dapat memastikan portofolio mereka di masa depan.

Namun, meskipun terdapat kemajuan yang signifikan, metrik keberlanjutan masih menjadi salah satu metrik yang paling tidak jelas secara global. Di luar pasar yang paling transparan, standar kinerja bangunan yang bersifat wajib, pengungkapan publik mengenai penggunaan energi bangunan, pelaporan risiko iklim, dan perencanaan ketahanan masih terbatas.

Kecepatan pembangunan perbaikan dekarbonisasi perlu ditingkatkan tiga kali lipat agar sesuai dengan upaya yang dilakukan Nol karbonPermintaan akan bangunan ramah lingkungan jauh melebihi permintaan – hanya 30% permintaan ruang perkantoran rendah karbon di pasar global utama yang dapat dipenuhi pada tahun 2030. Ke depan, transparansi keberlanjutan diperkirakan akan meningkat dalam dua tahun ke depan. Persyaratan baru ini berlaku untuk negara-negara dengan perekonomian terbesar di dunia, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Kanada, dan Australia.

Seiring dengan tren-tren baru ini, seperti integrasi teknologi dan keberlanjutan, muncullah diversifikasi, seiring investor berupaya mengidentifikasi aset-aset yang mendapat manfaat dari tema-tema jangka panjang ini.

Hal ini menyebabkan perluasan dunia investasi, dan realokasi modal yang signifikan; Pangsa investasi global di sektor industri dan kehidupan telah meningkat dari 29% sepuluh tahun lalu, dengan investasi langsung mencapai 50% pada tahun lalu, investor institusi secara aktif terlibat dalam jenis properti seperti pusat data atau ruang laboratorium.

Pasar utang, pencucian uang, dan kepemilikan manfaat

Sekitar $3,1 triliun aset global memiliki utang yang jatuh tempo antara tahun 2024 dan 2025, dan $2,1 triliun utang memerlukan pembiayaan kembali. Hingga semester I 2024, sudah rampung 30 persen.

Namun, otoritas moneter khawatir terhadap risiko yang mungkin terjadi karena pemberi pinjaman bank kurang transparan dalam memperluas dan melengkapi sumber kredit tradisional. Meskipun pinjaman real estat komersial secara historis didominasi oleh bank-bank mapan, munculnya sumber-sumber kredit baru seperti dana utang, anuitas, dan perusahaan asuransi telah memperluas lanskap pinjaman.

Diversifikasi ini telah menciptakan pasar yang lebih seimbang, namun kurangnya visibilitas terhadap kondisi keuangan di banyak negara, sehingga meningkatkan kekhawatiran baru mengenai transparansi.

Selain pasar utang, peraturan transfer uang dan Properti pentingSebuah area jelas telah muncul dan memerlukan perhatian. Panduan baru dari Satuan Tugas Aksi Keuangan (FATF) yang mewajibkan negara-negara untuk memastikan bahwa mereka melacak kepemilikan sebenarnya atas suatu perusahaan, ditambah dengan rezim sanksi keuangan yang terus meningkat, terus memperkuat regulasi. Anti pencucian uang (AML) dan Properti penting (BO)

Meskipun terdapat langkah-langkah internasional, efektivitas peraturan-peraturan ini masih dalam tahap penyelidikan karena penerapan dan definisi peraturan-peraturan tersebut seringkali tidak konsisten dan mudah dielakkan. Negara-negara seperti India, Indonesia, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat telah melakukan perubahan terhadap peraturan AML dan BO untuk mendorong transparansi, dan peraturan tambahan sedang diterapkan di Amerika Serikat, Singapura, Swiss, Kanada, Australia, dan Uni Eropa.

img

Mustofa

Pos terkait

  • Blog

Dengan mengambil platform publik, Bank DKI mendorong literasi dan inklusi produk dan layanan perbankan

Jakarta, properti Indonesia – Keikutsertaan Bank DKI dalam acara Pesta Rakyat yang digelar di Jalan Sudirman – Tamrin Jakarta pada Minggu (20/10) merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah untuk bersama-sama menyambut masa penting peralihan kepemimpinan Presiden. Wakil Presiden RI akan memperkuat rasa persatuan dan kesatuan. Hal ini merupakan wujud upaya Bank DKI dalam menjangkau masyarakat […]

lanjutkan membaca
oleh Mustofa
  • Blog

Bank Indonesia: BI rate tetap di 6,00%

Jakarta, Indonesia Properti – Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan BI-Rate sebesar 6,00%, suku bunga deposit facility sebesar 5,25%, dan suku bunga lending facility sebesar 6,75% pada 15-16 Oktober 2024. Menurut BI, keputusan tersebut sejalan dengan arah kebijakan moneter untuk menjaga inflasi tetap terkendali pada angka 2,5±1% pada tahun 2024 dan 2025 […]

lanjutkan membaca
oleh Mustofa
  • Blog

Menghadirkan konsep klasik Amerika, Summarecon menawarkan hunian mewah premium dengan fasilitas resor di jantung kota Serpong.

Serpong, milik Indonesia – Kawasan Serpong yang merupakan daerah kantong ibu kota dan terus berkembang karena dikelilingi oleh berbagai fasilitas unggulan, menjadikannya salah satu kawasan pemukiman terpopuler saat ini. Didukung kemudahan akses, berbagai fasilitas unggulan mulai dari hotel, pusat perbelanjaan, lapangan golf, rumah sakit, perkantoran hingga sekolah, total lahan seluas delapan ribu hektar terintegrasi dengan […]

lanjutkan membaca
oleh Mustofa