Bandingkan daftar

Bank Indonesia: BI rate tetap di 6,00%


Jakarta, Indonesia Properti – Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan BI-Rate sebesar 6,00%, suku bunga deposit facility sebesar 5,25%, dan suku bunga lending facility sebesar 6,75% pada 15-16 Oktober 2024.

Menurut BI, keputusan tersebut sejalan dengan arah kebijakan moneter untuk menjaga inflasi tetap terkendali pada angka 2,5±1% pada tahun 2024 dan 2025 serta mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Ramdan Deni Prakoso, Kepala Departemen Perhubungan, mengatakan fokus kebijakan moneter jangka pendek adalah menstabilkan nilai tukar rupiah di tengah meningkatnya ketidakstabilan di pasar keuangan global. Ke depan, kata Ramdan, Bank Indonesia akan terus mencermati cakupan kebijakan penurunan suku bunga dengan tetap fokus pada inflasi, nilai tukar rupiah, dan pertumbuhan ekonomi.

Kebijakan makroprudensial dan sistem pembayaran tetap berorientasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. “Kredit/pembiayaan perbankan masih fokus untuk mendorong pertumbuhan dan sektor penciptaan lapangan kerja. Dengan prinsip kehati-hatian. Hati-hati,” kata Ramdan dalam keterangannya, Rabu (16). /10).

Lebih lanjut, menurutnya, kebijakan sistem pembayaran difokuskan untuk mendorong pertumbuhan, khususnya pada sektor bisnis dan UMKM, dengan memperkuat keandalan infrastruktur dan struktur industri sistem pembayaran, serta memperluas digitalisasi sistem pembayaran.

Ia menambahkan, perpaduan kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran didukung oleh sejumlah kebijakan untuk menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Memperkuat strategi pengelolaan keuangan Pro-pemasaranMemperkuat strategi stabilisasi nilai tukar rupiah melalui intervensi di pasar valuta asing, memperkuat penerapan kebijakan makroprudensial yang longgar, dan memperkuat adopsi digitalisasi sistem pembayaran.

img

Mustofa

Pos terkait

  • Blog

Dengan mengambil platform publik, Bank DKI mendorong literasi dan inklusi produk dan layanan perbankan

Jakarta, properti Indonesia – Keikutsertaan Bank DKI dalam acara Pesta Rakyat yang digelar di Jalan Sudirman – Tamrin Jakarta pada Minggu (20/10) merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah untuk bersama-sama menyambut masa penting peralihan kepemimpinan Presiden. Wakil Presiden RI akan memperkuat rasa persatuan dan kesatuan. Hal ini merupakan wujud upaya Bank DKI dalam menjangkau masyarakat […]

lanjutkan membaca
oleh Mustofa
  • Blog

Menghadirkan konsep klasik Amerika, Summarecon menawarkan hunian mewah premium dengan fasilitas resor di jantung kota Serpong.

Serpong, milik Indonesia – Kawasan Serpong yang merupakan daerah kantong ibu kota dan terus berkembang karena dikelilingi oleh berbagai fasilitas unggulan, menjadikannya salah satu kawasan pemukiman terpopuler saat ini. Didukung kemudahan akses, berbagai fasilitas unggulan mulai dari hotel, pusat perbelanjaan, lapangan golf, rumah sakit, perkantoran hingga sekolah, total lahan seluas delapan ribu hektar terintegrasi dengan […]

lanjutkan membaca
oleh Mustofa
  • Blog

Graha Natura menawarkan hunian tepi danau di Lake Cluster di Lille

Surabaya, properti Indonesia – Perusahaan pengembang properti PT Intiland Development Tbk (DILD) terus melakukan pengembangan baru di kawasan perumahan Graha Natura, Surabaya, Jawa Timur. Memenuhi tingginya permintaan hunian di kawasan Surabaya Barat, perseroan menghadirkan Lily by the Lake, pengembangan seluas 17.000 m2 yang terletak di tepi Dream Lake Graha Natura. Mengusung konsep tropis modern, The […]

lanjutkan membaca
oleh Mustofa